Setelah menunggu sekian lama, akhirnya Creative Commons akan segera diluncurkan di Indonesia pada tanggal 10 November 2012, bertepatan dengan hari Pahlawan Indonesia. Ini merupakan sebuah keniscahyaan yang begitu besar karena dengan diterapkannya lisensi ini secara resmi, label atau musisi di Indonesia tak lagi khawatir dengan hasil karyanya yang diedarkan melalui jaringan internet. Karena sering kali karya-karya tersebut digunakan oleh media televisi dan situs pengedar musik ilegal yang tidak mencantumkan sumber sesuai dengan lisensi CC yang telah digunakan. Sebuah jaringan komunikasi antar label, musisi dengan pengelola Creative Commons Indonesia, penegak hukum hak cipta beserta lembaga hukumnya dan praktisi media sangat penting untuk dijalin. Peluncuran lisensi ini akan digelar pada tanggal 10-11 November 2012 di Grand Sahid Hotel, Jakarta bersamaan dengan Konferensi Creative Commons Asia Pasifik 2012. Berikut ini kutipan dari situs Creative Commons Indonesia:

Konferensi Creative Commons Asia Pasifik 2012 dan Peluncuran Creative Commons Indonesia adalah gabungan acara pertemuan regional afiliasi Creative Commons di wilayah Asia Pasifik dan acara peluncuran teks terjemahan lisensi Creative Commons dalam Bahasa Indonesia. Pertemuan regional ini akan menjadi media pertemuan afiliasi Creative Commons dari sekitar 15 negara di wilayah Asia Pasifik dan Creative Commons pusat untuk membahas perkembangan penggunaan lisensi Creative Commons pada setiap afiliasi. Acara ini juga akan menjadi pertemuan antara pencipta dan pengguna lisensi Creative Commons di seluruh Indonesia. Selain itu, salah satu titik berat dari acara ini adalah sebagai suatu ajang sosialisasi penggunaan lisensi Creative Commons, dalam bidang pemerintahan, seni dan budaya, pendidikan, serta ilmu pengetahuan.

Tujuan diselenggarakannya acara ini adalah,

1. Menyebarluaskan teks terjemahan lisensi Creative Commons versi 3.0 dalam Bahasa Indonesia;

2. Menyosialisasikan penggunaan lisensi Creative Commons di Indonesia oleh pemerintah, musisi, serta pada bidang pendidikan dan ilmu pengetahuan;

3. Memperkenalkan Creative Commons Indonesia kepada afiliasi Creative Commons dengan secara aktif menjadi tuan rumah pelaksanaan pertemuan regional Asia Pasifik yang diadakan setiap dua tahun sekali;

4. Memperkenalkan Indonesia, khususnya Jakarta, kepada afiliasi Creative Commons.

Era baru telah dimulai. Mari kita rayakan dengan menghadiri acara tersebut. Wok The Rock dari Yes No Wave Music akan mewakili Indonesian Netlabel Union dalam sesi presentasi mengenai Budaya dan Musik di Indonesia yang menggunakan lisesnsi Creative Commons. Anda bisa mendaftarkan kehadiran anda di situs Creative Commons Indonesia. Tersedia beasiswa perjalanan dan akomodasi bagi peserta dari luar kota Jakarta.