Awalnya saya dan Ridwan ga pernah kepikiran untuk membuat sebuah netlabel yang bernama inmyroom records ini. Mulanya hnaya obrolan santai sore hari di yahoo messenger , kira-kira di pertengahan tahun 2008 . Pada Waktu itu Ridwan memberitahukan kepada saya tentang online label asal Jerman yang bernama Corpid label (www.corpid-label.de) . Terus saya menimpali , lucu juga kali ya kalo di Indonesia ada label kaya gini juga , tanpa pikir panjang Ridwan juga setuju . hingga berlanjutlah pada pencarian nama untuk label ini . Lalu Ridwan mengusulkan nama Inmyroom Records , nama yang katanya berlandaskan dari ide mengumpulkan para musisi-musisi kamar yang berbakat yang ada di Indonesia .

Ide tersebut berlanjut pada pencarian Rilisan perdana sampai akhirnya kita berkenalan dengan musisi-musisi kamar lewat situs myspace yang pada waktu itu masih menjadi andalan para musisi-musisi Indonesia untuk berpromosi . Lewat message dari myspace, kami menawarkan kepada para musisi-musisi tersebut untuk mempublish karya-karyanya lewat Inmyroom Records. Banyak yang berminat untuk merilis karyanya via inmyroom tapi ada juga yang tidak merespon  mungkin karena tidak berminat kali ya heheh..

Kami berkenalan dengan Angkuy (Bottlesmoker) dan Tito (Bersekutu dengan Disko). Melalui conference room di Yahoo messenger, kami berempat banyak bertukar ide tentang mau dibawa kemana nantinya Inmyroom Records. Pada akhirnya, kami sepakat untuk membuka rilisan perdana dengan sebuah rilisan kompilasi musisi-musisi kamar.

Setelah berhasil mengumpulkan beberapa band untuk kompilasi ini , entah kenapa kami berempat jadi jarang berkomunikasi lagi dan membuat proyek Inmyroom Records sempat terbengkalai hingga 5 bulanan kalo ga salah.  Beruntung, Ridwan kembali mengambil inisiatif lagi setalah dipicu obrolan sehabis manggung di warung nasi goreng malam-malam “udah rilisan perdana Inmyroom band gw aja deh” Katanya. Akhirnya pada bulan november 2008, Johny Winstead didaulat untuk menjadi rilisan pertama Inmyroom Records.

Lewat comment-comment di myspace band,  kami mulai mewartakan Inmyroom Records. Sedikit demi sedikit akhirnya mulai ada beberapa musisi-musisi kamar yang tertarik untuk merilis album di Inmyroom records dan mengirimkan demo mereka kepada kami. Kami senang sekali Inmyroom Records mendapatkan feedback yang cukup positif. Ini membuat kami produktif untuk merilis pada awal kemunculan Inmyroom Records .

Sebenarnya dibilang label, kami juga ga punya Kontrak yang mengikat dengan karya-karya para musisi yang mempublish karyanya lewat inmyroom records. Pernah terjadi si artis minta karyanya yang sempat dipublish di situs Inmyroom untuk dihapus karena si artis itu sudah mendapatkan label yang beneran dan merilis karyanya lewat label tersebut .

Kendala yang sering dihadapi ketika menjalankan Inmyroom Records apa ya, hmmm mungkin bandwith kami yang sering habis . Akibatnya, situs Inmyroom jadi tak bisa dihapus.

Yang paling menyenangkan ketika menjalankan Inmyroom adalah kami bisa berkenalan dengan banyak orang yang baru yang mempunyai hobi sama dengan kita berdua .Terus,  kalo karya-karya yang dipublish oleh kita mendapat tanggapan positif dari para pendengar-pendengar baru.

Rencana kedepannya, kami pengen ngadain Inmyroom Party vol 2 . btw , pada bulan Mei 2012 kemarin , kita sempet ngadain acara gathering kecil-kecilan biar semua artis-artis yang pernah rilis di Inmyroom records bisa saling kenalan aja. Syukur Alhamdulillah acaranya berlangsung lancar dan seru. Pengennya sih kita ngadain yang volume 2 di luar kota Jakarta, cuman masih matengin konsep dan biaya juga hahahaha.

Selain saya dan Ridwan , Inmyroom Records  banyak dibantu orang-orang dibalik layar Inmyroom Records seperti Carryna Pratiwi di bagian design terus Iswantoro Irawan dan Anzarra Djahran yang sering menulis untuk kolom review di setiap rilisan. Dede dari Wastedrockers juga banyak membantu Inmyroom Records , makasih ya De 😀

Makasih banyak buat semuanya yang udah mempercayakan Inmyroom Records untuk merilis karya-karyanya, jugabuat para pengunjung situs Inmyroom, media-media yang pernah menulis tentang inmyroom , teman-teman netlabel di Indonesia , para pendengar musik Indonesia. Semoga Inmyroom Records bisa terus merilis sesuatu.

Oleh Ganesha Mahendra